Posted by : Unknown
Minggu, 23 Juni 2013
Ban motor aus sungguh mengesalkan karena mengganggu performa ban. Yuk, kenali macam-macam pola keausan ban motor dan cara mengatasinya.
Ban aus di dua sisi
Penyebab: tekanan angin ban kurang.
Solusi: Cek tekanan ban. Jangan lupa rutin memeriksa tekanan ban setidaknya seminggu sekali karena udara di dalam ban akan keluar sedikit2 melalui proses permeasi (perembesan).
Ban aus di tengah
Penyebab: Kebalikan dari ban yang tekanan anginnya kurang, ban yang tekanan anginnya berlebihan akan aus di bagian tengahnya.
Solusi: Cek tekanan ban sesuai yang direkomendasikan. Tekanan angin ban untuk harian adalah 28-30 psi, sementara untuk balapan, tekanan angin yang disarankan adalah 20-23 psi.
Ban aus di satu titik saja
Penyebab: pelek ban penyok atau konstruksi ban rusak.
Solusi: Cek kondisi pelek dan ban, terutama jika Anda baru saja melibas jalanan rusak dalam kecepatan tinggi. Jika perlu ganti pelek jika kondisinya sudah tidak aman.
Ban aus di dua sisi
Penyebab: tekanan angin ban kurang.
Solusi: Cek tekanan ban. Jangan lupa rutin memeriksa tekanan ban setidaknya seminggu sekali karena udara di dalam ban akan keluar sedikit2 melalui proses permeasi (perembesan).
Ban aus di tengah
Penyebab: Kebalikan dari ban yang tekanan anginnya kurang, ban yang tekanan anginnya berlebihan akan aus di bagian tengahnya.
Solusi: Cek tekanan ban sesuai yang direkomendasikan. Tekanan angin ban untuk harian adalah 28-30 psi, sementara untuk balapan, tekanan angin yang disarankan adalah 20-23 psi.
Ban aus di satu titik saja
Penyebab: pelek ban penyok atau konstruksi ban rusak.
Solusi: Cek kondisi pelek dan ban, terutama jika Anda baru saja melibas jalanan rusak dalam kecepatan tinggi. Jika perlu ganti pelek jika kondisinya sudah tidak aman.
Aus pada bagian kanan atau kiri saja
Penyebab: leher ban (bearing) longgar atau terjadi defleksi atau penyimpangan arah shockbreaker tidak sama saat melakukan pengereman
Solusi: Rutin cek bearing dan shockbreaker motor Anda.
Penyebab: leher ban (bearing) longgar atau terjadi defleksi atau penyimpangan arah shockbreaker tidak sama saat melakukan pengereman
Solusi: Rutin cek bearing dan shockbreaker motor Anda.